24 Maret 2011

XT

IBM Personal Computer XT, sering disingkat IBM XT, PC XT, atau hanya XT, adalah penerus IBM untuk IBM PC asli. Hal ini dirilis sebagai nomor produk IBM 5160 pada tanggal 8 Maret 1983, dan datang standar dengan hard drive. Hal ini didasarkan pada arsitektur dasarnya sama dengan PC yang asli, dengan hanya tambahan perbaikan, sebuah arsitektur bus 16-bit baru akan mengikuti AT. XT tersebut terutama dimaksudkan sebagai mesin ditingkatkan untuk penggunaan bisnis, dan PC 3270 yang sesuai menampilkan 3270 emulasi terminal dirilis kemudian pada bulan Oktober 1983. Singkatan XT X-cenderung Teknologi.
XT standar awalnya datang dengan 128kB memori, sebuah dua sisi 360kB 5.25 "full-height floppy disk drive, sebuah Seagate ST-412 10MB hard drive dengan XEBEC 1210 MFM controller, sebuah Adapter Asynchronous (kartu serial dengan UART 8250) dan . PSU 130W Motherboard ini memiliki delapan 8-bit ISA slot ekspansi, dan mikroprosesor Intel 8088 berjalan pada 4,77 MHz (dengan soket untuk math coprocessor 8087);. sistem operasi biasanya dijual dengan itu PC-DOS 2.0 dan di atas ini delapan slot ekspansi yang meningkat selama lima di PC IBM, meski tiga diambil oleh adaptor floppy drive, adaptor hard drive, dan kartu Async Spesifikasi dasar segera ditingkatkan untuk memiliki 256KB memori sebagai standar.. Slot 8 pada motherboard XT itu ditransfer sedikit berbeda dibandingkan slot lainnya, sehingga tidak kompatibel dengan beberapa kartu ini dilakukan untuk kartu yang dirancang untuk memungkinkan XT yang akan dihubungkan ke mainframe IBM kartu Video awalnya. terdiri MDA dan CGA,. dengan EGA dan PGC menjadi tersedia pada tahun 1984.
Ada dua konfigurasi banyak digunakan pada motherboard XT. Yang pertama dapat mendukung hingga 256KB pada motherboard itu sendiri (empat bank dari 64KB chip), dengan maksimum 640kB dicapai dengan menggunakan kartu ekspansi. Ini adalah konfigurasi XT awalnya dikirim masuk Konfigurasi kedua - diperkenalkan di unit saham pada tahun 1986 - dapat mendukung seluruh 640kB pada motherboard (dua bank dari 256KB chip, dua bank dari 64kb), memiliki revisi kemudian AT-BIOS yang kompatibel dengan waktu yang lebih cepat booting, serta dukungan untuk keyboard 101-key dan 3.5 "floppy drive. Konfigurasi sebelumnya bisa disesuaikan untuk konfigurasi 'terlambat' setelah beberapa modifikasi kecil.
Ada juga dua atau tiga revisi dari motherboard ini, namun hanya ada perbedaan kecil antara mereka. Paling penting adalah bahwa revisi pertama hilang U90 dan memiliki beberapa bagian yang terletak di tempat lain pada motherboard.
Awal tahun 1985, XT itu ditawarkan dalam model floppy-hanya tanpa hard disk (submodel 068 dan 078). XTS dengan konfigurasi motherboard 256KB-640kB datang standar dengan setengah-tinggi floppy drive di tempat drive full-height, serta pilihan untuk setengah ST-225 20MB-tinggi hard disk dan 'ditingkatkan' keyboard (dasarnya Model M tanpa panel LED, dan lintas-kesesuaian antara AT dan XT keyboard protokol transfer). XT itu dihentikan pada musim semi tahun 1987, digantikan oleh PS / 2 Model 30.
Pada tahun 1986, XT/286 (IBM 5162) dengan 6 MHz Intel 80286 processor diperkenalkan. Sistem ini sebenarnya ternyata lebih cepat daripada ATS waktu menggunakan prosesor 286 MHz 8 karena fakta bahwa itu nol RAM menunggu keadaan yang bisa memindahkan data lebih cepat.
Seperti PC yang asli, XT datang dengan BASIC di ROM-nya. Meskipun kekurangan port kaset pada XTS, perjanjian lisensi IBM dengan Microsoft memaksa mereka untuk memasukkan DASAR pada semua mesin mereka.
PC dan XT keyboard tidak kompatibel dengan orang pada PC yang lebih modern (IBM AT atau lebih baru) bahkan dengan DIN untuk PS / 2 adapter plug mini-DIN, karena PC / XT keyboard memiliki protokol transfer berbeda dari PC / keyboard AT dan juga menggunakan keyboard yang berbeda memindai kode. Beberapa keyboard yang switchable antara dua antarmuka untuk kompatibilitas dengan komputer baik. Juga, pengemudi 'parkbd' dapat digunakan di Linux untuk mendukung salah satu jenis keyboard melalui port paralel melalui adaptor sederhana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar