24 Maret 2011

super computer

Superkomputer adalah sebuah komputer yang di garis depan kapasitas pengolahan saat ini, khususnya kecepatan perhitungan. Superkomputer diperkenalkan pada tahun 1960 dan dirancang terutama oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC), yang memimpin pasar ke 1970-an sampai Cray kiri untuk membentuk perusahaan sendiri, Cray Research. Dia kemudian mengambil alih pasar superkomputer dengan desain baru, memegang posisi teratas di superkomputer selama lima tahun (1985-1990). Pada tahun 1980-an sejumlah besar pesaing kecil memasuki pasar, secara paralel dengan penciptaan pasar minicomputer dekade sebelumnya, namun banyak dari menghilang di pertengahan 1990-an "crash superkomputer pasar".
Saat ini, superkomputer biasanya satu dari desain-a-kind custom diproduksi oleh "tradisional" perusahaan seperti Cray, IBM dan Hewlett-Packard, yang telah membeli banyak dari tahun 1980-an perusahaan untuk mendapatkan pengalaman mereka. Sejak Oktober 2010, superkomputer Tianhe-1A telah menjadi tercepat di dunia, terletak di Cina.
Superkomputer istilah itu sendiri agak cairan, dan kecepatan superkomputer hari ini cenderung menjadi khas komputer biasa besok. CDC mesin awal adalah prosesor skalar hanya sangat cepat, sepuluh kali beberapa kecepatan mesin tercepat yang ditawarkan oleh perusahaan lain. Pada 1970-an superkomputer sebagian besar didedikasikan untuk menjalankan prosesor vektor, dan banyak pemain baru mengembangkan prosesor mereka sendiri tersebut pada harga yang lebih rendah untuk masuk pasar. The-awal dan pertengahan 1980-an melihat mesin dengan sejumlah kecil prosesor vektor bekerja secara paralel untuk menjadi standar. nomor Khas prosesor berada di kisaran empat hingga enam belas. Pada tahun 1980 nanti dan 1990-an, perhatian beralih dari prosesor vektor ke sistem pemrosesan paralel masif dengan ribuan "biasa" CPU, beberapa yang batal unit rak dan lainnya adalah desain khusus. Hari ini, desain paralel didasarkan pada "dari rak" mikroprosesor kelas server, seperti PowerPC, Opteron, atau Xeon, dan coprocessors seperti NVIDIA Tesla GPGPUs, GPU AMD, IBM Cell, FPGA. Kebanyakan [mana?] Superkomputer modern saat ini cluster komputer yang sangat-tuned menggunakan prosesor komoditas dikombinasikan dengan adat interkoneksi.
Superkomputer yang digunakan untuk tugas yang sangat penghitungan-intensif seperti masalah yang melibatkan fisika kuantum, prakiraan cuaca, riset iklim, pemodelan molekul (komputasi struktur dan sifat senyawa kimia, biologi makromolekul, polimer, dan kristal), simulasi fisik (seperti simulasi pesawat terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir).
Relevan di sini adalah perbedaan antara komputasi kemampuan dan kapasitas komputasi, sebagaimana didefinisikan oleh Graham et al. Kemampuan komputasi biasanya dianggap sebagai menggunakan daya komputasi maksimum untuk memecahkan masalah besar di waktu terpendek. Sering sistem kemampuan mampu memecahkan masalah ukuran atau kompleksitas bahwa tidak ada komputer lain bisa. Kapasitas komputasi dalam kontras biasanya dianggap sebagai menggunakan daya komputasi yang efisien biaya-efektif untuk memecahkan masalah yang agak besar atau masalah kecil banyak atau mempersiapkan diri untuk berjalan pada sistem kemampuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar